Dorong UMKM Desa Kambingan Timur, Warga Diajari Buat Lilin dari Limbah Minyak Jelanta



Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 Desa Kambingan Timur melakukan kegiatan Sosialisasi olahan minyak jelanta menjadi lilin di tempat usaha pedagang yang ada di Desa Kambingan Timur, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep. 

Pembuatan lilin dari limbah minyak jelanta merupakan program kerja kelompok 11 dengan pesetujuan dosen pembimbing lapang (DPL) Darul Islam S.E,. M.M. Tema dalam kegiatan ini adalah kreatifitas produksi limbah masakan. Yang bertujuan untuk mengembangkan UMKM yang ada di Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

Pada kegiatan ini tim mahasiswa memberikan contoh hasil pembuatan lilin dari limbah minyak jelanta kepada pedagang usaha harian masyarakat setempat. Kegiatan ini tentunya di dukung oleh melalui media tutorial video cara melakukan beserta media browsur alur tata cara pembuatan lilin dari bahan olahan minyak jelanta. Sasaran pada kegiatan sosialisasi produk lilin ini sudah terlaksana dengan 3 pedagang usaha beserta 1 masyarakat lokal non pedagang. Produk lilin ini diharapkan dapat menambah nilai harga jual pada pedagang tersebut dan bermanfaat juga dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan Sosialisasi ini bertujuan agar menambah pengetahuan dan pemanfaatan pada limbah minyak jelanta dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

Peran mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) dalam kegiatan ini dapat berdampak positif terhadap masyarakat sekitar, khususnya pedagang usaha masyarakat desa tersebut dan juga menambah pengetahuan akan kreatifitas dan inovatif dalam mengelola limbah masakan yang ada di Desa Kambingan Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar