Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 Edukasi Minat Belajar Siswa Pasca Liburan



Momentum liburan semester menjadi momen yang ditunggu-tunggu Sebagian besar siswa. Liburan identik dengan kebebasan bagi siswa dalam bermain setelah sekian lama menjalani proses belajar di sekolah. Liburan semester seringkali menjadikan siswa menjadi malas untuk memulai belajar kembali. Oleh sebab itu, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11, mengadakan kegiatan belajar bersama dalam rangka meningkatkan kembali minat belajar siswa setelah jeda liburan semester.

Kegiatan ini dilaksanakan di Balai Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep pada Selasa, 2 Januari 2024.

Kegiatan mengajar merupakan salah satu dari program kerja Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 yang disusun bersama dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Darul Islam,SE.,M.M. dengan mengusung tema ‘Fun Learning’.

Pada kegiatan ini Mahasiswa Pengabdian Masyarakat kelompok 11 mengajak adik-adik mulai dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah dasar untuk mengingat kembali materi berhitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian.

Proses belajar dikemas semenarik mungkin agar para siswa dapat melangsungkan kegiatan belajar dengan fun. Diawal kegiatan, para siswa diajak untuk menyelesaikan soal perhitungan yang dikemas sedemikian rupa agar tidak menyulitkan dan dapat diselesaikan dengan baik.

Terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal yang telah diberikan, disinilah peran Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 untuk membimbing adik-adik siswa agar dapat mengerjakan dan memahami materi dengan baik.

Setelah materi berhitung selesai, Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 mengajak adik-adik siswa untuk mewarnai gambar yang sudah disiapkan bersama-sama.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyegarkan kembali daya pikir adik-adik siswa agar tidak terlalu tegang setelah mengerjakan soal berhitung yang telah diberikan. Selain itu, kegiatan mewarnai bersama dapat meningkatkan kreatifitas adik-adik siswa.

Kegiatan belajar bersama ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar adik-adik siswa yang ada di Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep.

Sehingga dengan adanya Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM kelompok 11 dapat berperan aktif dalam membangun Sumber Daya Manusia yang di Desa Kambingan Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar