Kolaborasi Mahasiswa Pengabdian Masyarakat UTM Kelompok 11 Ciptakan Desa Kambingan Timur Asri

 


Kerja Bakti atau gotong royong merupakan tradisi dan sudah menjadi identitas masyarakat pedesaan. Kegiatan ini dilakukan masyarakat secara bersama – sama.

Seperti berlangsung pada Jumat 12 Januari 2024, lalu. Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Kelompok 11, melakukan kerja bakti bersama masyarakat Desa Kambingan Timur.

Mereka membersihkan lingkungan sekitar Desa Kambingan Timur Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim.

Kerja bakti ini rutin dilaksanakan setiap hari Jumat. Adapun kegiatan yang biasa dilakukan seperti arahan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Darul Islam S.E,. M.M, diantaranya membangun rabat jalan, membersihkan saluran irigasi, membersihkan jalan ataupun lingkungan sekitar.

Kehadiran mahasiswa sebagai Agen Of Change dapat memberi manfaat dan dampak yang positif bagi masyarakat sekitar.

Pengabdian masyarakat UTM Kelompok 11 kolaborasi bersama Karang Taruna dan perangkat desa menebang pohon yang menghalangi jalan dan juga pelebaran jalan, serta memperbaiki jaring-jaring lapangan futsal dan juga membersihkan rumput sekitar lapangan.

Kegiatan ini dilakukan pada Jumat 5 dan 12 Januari 2024. Jumat pertama melakukan penebang pohon yang sudah rimbun di sekitar jalan utama desa.

Jumat kedua melakukan perbaikan jaring-jaring lapangan futsal, dan melanjutkan penebangan pohon serta membersihkan lingkungan di sekitar lapangan.

Kepala Desa Kambingan Timur Mu’min, S.Pd, pun mengapresiasi kegiatan tersebut. “Tujuan dari adanya kerja bakti ini adalah membersihkan lingkungan Desa Kambingan Timur agar selalu asri dan nyaman bagi masyarakat sekitar,” ucap Mu’min.

Selain itu, kata Kades Mu’min, musim yang sudah memasuki pancaroba seperti saat ini, akan mengundang berbagai penyakit.

“Kita bersama-sama mengurangi sumber penyakit dari lingkungan yang kotor. Selain itu juga, kegiatan seperti ini bertujuan untuk membina hubungan sosial masyarakat sekitar,” tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar