Potensi desa

 A. Potensi Fisik

1. Peranian Di Desa Kambingan Timur

    Desa Desa Kambingan Timur merupakan desa yang mayoritas warganya memiliki lahan di lingkungan tempat tinggalnya. Oleh karena itu, profesi petani dilingkunga desa ini adalah sebagai petani. Pengolahan lahan di Desa Kambingan Timur dominan pada 3 tanaman yaitu, padi, jagung dan tembakau. Pengolahan lahan pada padi dilakukan pada musim penghujan, dan pada musim kemarau akan ditanami jagung. Mayoritas masyarakat desa ini memanfaatkan lahannya untuk menanam tembakau, dan sebagian jagung. (minta wawancara mengenai hasil ekonomi yang ada di desa yang bergerak pada sektor pertanian).

a. Tembakau

Di wilayah Jawa Timur, Madura merupakan penghasil tembakau terbesar jika dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.  

b. Jagung

Di wilayah Jawa Timur, Madura khususnya di  desa Kambingan Timur merupakan penghasil jagung  jika dibandingkan daerah lain di Jawa Timur.

2. Iklim Di Desa Kambingan Timur
x


    Desa Kambingan Timur masuk kedalam Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep dengan luas 1,52Ha serta memiliki tinggi 250 M diatas permukaan laut. Seperti pada umumnya di  daerah  Indonesia yang termasuk kawasan Tropis dengan 2 musim, yakni hujjan dari bulan Oktober-April dan musim kemarau dari bulan AprilOktober. Suhu atau temperatur rata-rata di  daerah Kambingan Timur ini memiliki suhu maksimum 30 ℃ dan suhu minimum 20 ℃ dan memiliki suhu maksimum kelembapan udara rata-rata 80% (Saronggi, 2023).  


B. Potensi Non Fisik

1. Masyarakat Desa Kambingan Timur

    Desa Kambingan Timur mayoritas warganya menganut Agama Islam. Desa Kambingan Timur merupakan desa  yang berada di perbukitan, sehingga tidak  heran apabila penduduk di desa Kambingan Timur mempunyai penghasilan yang cukup. Masyarakat desa Kambinga Timur kebanyakan dan hampir semua berprofesi sebagai petani. 

    Pemuda remaja yang ada di desa Kambingan Timur terkenal dengan semangat tinggi pada desa ini dengan kebersamaan dan etos kerja yang tinggi. Tetapi para pemuda yang sudah lulus lebih memilih untuk mengadu nasibnya  di kota kota besar di Indonesia terutama di daerah Jember dan Jakarta.

    Desa Kambingan Timur terdiri dari dua dusun, yaitu dusun palalangan dan dusun nangger. Penduduk dari desa Kambingan Timur ini rata-rata mengenyam pendidikan dari SD hingga SMA/SMK, namun beberapa penduduk  terutama perangkat desa ada yang mengeyam pendidikan hinngga perguruan Tiggi atau Universitas. Desa Kambingan Timur juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung dalam pendidikan dari penduduknya, walaupun hanya 1 SD dan 1 Madrasah dan untuk SMP SMA massyarakat desa Kambingan Timur  harus menempuh pendidikannya diluar desa Kambingan timur,dngan mengkesampingkan kekurangan itu tidak menjaddikan desa Kambingan Timur ini  kurang akan pendidikan. 

    Masyarakat desa Kambingan Timur jugs mrmiliki kegiatan keagamaan yang kental akan adat dan budaya Madura itu sendiri, contoh kecil kegiatan yang biasa dilakukan secara ruti perminggu yakni yasinan dan tahlilan, dan peringatan hari besar islam lainnya seperti Maulid nabi Muhammad SAW, 1 muharraman dan lain-laiin. Selain itu, masyarakat disini juga tergolong baik dalam berinteraksi social dan bisa dibuktikan dari acara- acara besar yang dilakukan pada waktu-waktu tertentu.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar